Breaking News

Minggu, 17 April 2016

Optimasi Website Agar Mudah Dirayapi Mesin Pencari (Search Engine Optimization "SEO")


Pesatnya kemajuan teknologi saat ini khususnya dalam bidang informasi berbasis internet tidak bisa di elakkan, era digital benar-benar nyata didepan mata. Internet digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan kebutuhan informasi yang dikemas dalam bentuk website.

Apa itu website ?
secara garis besar website adalah halaman-halaman yang berisi informasi yang dapat diakses melalui jaringan internet. Saya anggap teman-teman semua sudah pernah berselancar di dunia internet untuk mencari sebuah informasi yang teman-temaan butuhkan, karena disini saya hanya fokus membahas cara mengoptimasi website agar mudah dirayapi mesin pencari.

Search Engine Optimization atau sering disebut "SEO" adalah optimasi sebuah website agar mudah dirayapi oleh mesin pencari. Saat ini mesin pencari no.1 di dunia adalah Google.com, dan masih banyak lagi penyedia layanan mesin pencari lainnya, ada yahoo, bing, ask, Aol dll.

Sebelum membahas cara optimasi website di mesin pencari lebih jauh, kita harus paham cara kerja mesin pencari itu sendiri, dari apa yang pernah saya riset, pada umumnya logika algoritma atau cara kerja mesin pencari, bekerja dengan merayapi (nge-crawler) beberapa kata yang paling relevan dalam sebuah website maupun halaman-halaman website tersebut, biasanya disebut dengan "keyword" atau "long tail keyword". Perhatikan gambar berikut.



Untuk merayapi sebuah halaman website, pertama kali mesin pencari akan merayapi judul, lalu link, deskripsi, dan bagian isi dalam halaman website tersebut. Simak video dibawah ini.


Ada 2 cara untuk mengoptimasi mesin pencari dalam merayapi halaman-halaman website kita, yaitu dengan cara white hate & black hate. Seorang webmaster seo lebih memilih menggukan cara white hate, karena dianggap lebih baik dari pada black hate.

Optimasi mesin pencari dengan white hate lebih fokus dalam menangani isi halaman-halaman website, baik on page maupun off page nya. Maksud dari on page disini adalah, jika website kita berisi halaman yang menyediakan informasi dalam bentuk artikel/tulisan, kita harus perhatikan dan analisa keyword apa yang harus kita gunakan dalam artikel/tulisan kita tersebut, jika tidak mesin pencari akan bingung dalam merayapi artikel kita.

Buatlah artikel bermanfaat untuk semua orang, hindari melakukan hal-hal buruk dalam membuat artikel, seperti copy paste, duplikat konten, bom keyword, bom link, dll yang tidak disukai oleh mesin pencari.

Sedangkan maksud dari off page adalah, optimasi di luar halaman website itu sendiri, dengan cara nge-share atau submit link artikel teman-teman ke berbagai sosial media, forum-forum, grup, dll.

Tidak sedikit juga webmaster seo yang menggunakan cara black hate, untuk mengejar trafik rank agar cepat melesat, tapi dari apa yang pernah saya coba, cara ini membuat website kita tidak bertahan lama, karena mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll sangat tidak menyukai website yang menggunakan cara ini, yang akhirnya website kita akan di banned oleh semua mesin pencari.

Sekedar info kepada teman-teman semua, bahwa algoritma mesin pencari akan selalu terus update, jadi saran saya, teman-teman harus selalu mengikuti informasi terbaru dari setiap update-an mesin pencari, dan masih banyak cara-cara lainnya yang dapat dilakukan dalam optimasi website di mesin pencari.  

Mungkin itu sedikit informasi yang dapat saya bagi kepada teman-teman semua mengenai optimasi mesin pencari dalam merayapi website maupun halaman-halaman website kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Design By controlsift